Peralatan yang
disediakan oleh Delphi memberikan kemudahan
bagi pemrogram untuk membuat program secara visual (visual programming), visual programming adalah metoda dimana
sebagian atau keseluruhan program dibuat dengan cara ‘menggambar’-kan tampilan / hasil
akhir dan kemudian meminta beberapa perangkat untuk membuat kode-kode program
berdasarkan gambaran hasil akhir tersebut.
Karena program
yang dibuat di dalam Delphi berjalan di dalam sistem operasi Windows maka
kegiatan program dilakukan berdasarkan metoda event-driven programms. Event-driven
programming adalah metoda mengeksekusi kode program berdasarkan pesan (messages / events) yang diberikan oleh
pemakai ataupun oleh sistem operasi atau program lainnya. Sebagai contoh :
apabila pemakai menekan tombol kiri mouse dan kemudian melepaskannya dengan
cepat (kita mengenal itu sebagai ‘klik’) maka tindakan tersebut akan membuat
aplikasi menerima pesan ‘MOUSE DOWN’ yang disertai dengan informasi tombol mana
yang ditekan dan lokasi kursor saat ‘klik’ dilakukan, tetapi apabila pemakai
menekan tombol kiri mouse dan kemudian menggeser mouse tanpa melepaskan tombol
kiri maka aplikasi akan menerima pesan ‘MOUSE MOVE’.
Lingkungan Delphi.
Beberapa peralatan
yang disediakan oleh Delphi dan cukup
diketahui antara lain:
·
Code
Editor
·
Form
·
Object
Inspector
·
Component
Pallete
·
Project
Manager
·
Watch List
·
Compiler
dan Linker
·
Debugger
·
dan
sebagainya
Code Editor
merupakan peralatan yang digunakan untuk menuliskan kode-kode program. Code Editor menyediakan sejumlah fasilitas penyuntingan (editing)
seperti : copy, cut, paste, find, replace, dan sebagainya. Code Editor
mengetahui apakah yang ditulis merupakan perintah Object Pascal atau bukan dan
menampilkan tulisan sesuai dengan tipe / kelompok tulisan tersebut. Gambar 1.2
memberikan contoh bagaimana Code Editor membedakan tampilan tulisan sesuai
dengan kelompok tulisan. File
yang berisi kode-kode program disimpan dengan nama akhiran .pas.
Form merupakan
area dimana pemrogram meletakkan komponen-komponen input dan output. Delphi
akan secara otomatis membuat kode-kode program untuk membuat dan mengatur
komponen-komponen tersebut. Umumnya pada setiap aplikasi ada paling tidak satu
buah form dan form tersebut dijadikan sebagai form utama (Main Form).
Setiap form
selalu disimpan dalam 2 buah file, yaitu : 1) file dengan akhiran .dfm ; 2)
file dengan akhiran .pas. File berakhiran .dfm menyimpan informasi mengenai
komponen-komponen yang ada di dalam form sedangkan file berakhiran .pas
menyimpan informasi mengenai kode-kode program yang berhubungan dengan form
tersebut. Tetapi, tidak setiap file .pas selalu mempunyai pasangan
Component Pallete
Component Pallete
Component Pallete adalah peralatan yang menyediakan daftar komponen yang dapat digunakan oleh pemrogram.
Komponen di dalam
Delphi dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
1.
Komponen Visual
2.
Komponen Non Visual
Object Inspector
adalah peralatan yang digunakan untuk mengatur properti dari komponen yang ada
di form termasuk properti form. Object Inspector
memberi dua macam peralatan, yaitu :
1. Properties
2. Events
Peralatan Properties
adalah peralatan yang digunakan untuk mengubah atau mengatur nilai-nilai dari
properti komponen sedangkan Peralatan Events digunakan untuk membuat
event-handler. Event handler
adalah prosedur yang digunakan khusus untuk menanggapi satu event / message
tertentu.
Watch List
Watch Listi
merupakan peralatan yang digunakan untuk memeriksa isi satu variabel atau
properti tertentu saat program sedang dieksekusi. Watch
List biasanya digunakan bersamaan dengan Break Points dan Step-by-Step
execution. Kita akan mempelajari ini pada akhir pelatihan untuk melihat
bagaimana mencari kesalahan di dalam program dengan cepat.
Untuk berpindah dari satu peralatan ke
peralatan lain anda dapat melakukannya dengan mengklik jendela dari peralatan
tersebut, tetapi ada cara yang lebih cepat untuk berpindah dari satu peralatan
ke peralatan lain. Tabel 1-1 menunjukkan tombol keyboard yang dapat digunakan
untuk keperluan tersebut.
Tabel 2‑1. Tombol Shortcut
Tombol Keyboard
|
Keterangan
|
F12
|
PIndah dari
Form ke Code Editor dan sebaliknya
|
F11
|
Pindah ke Object Inspector
|
F10
|
Pindah ke menu utama
|
Shift-F5
|
Menampilkan Watch List
|
Bekerja dengan Delphi
Membuat proyek aplikasi baru
1.
Jalankan Delphi
2.
Pilih menu File | New | Application
3.
Anda
akan memperoleh sebuah form kosong dan sebuah file dengan nama Unit1.pas
Menyimpan proyek aplikasi
Tabel 2‑2. File-file proyek
File
|
Keterangan
|
.dpr
|
File berisi keterangan tentang proyek
aplikasi
|
.pas
|
File berisi
kode-kode program yang digunakan dalam aplikasi
|
.dfm
|
File berisi informasi tentang form dan
komponen-komponen di dalam form tersebut
|
.res
|
File berisi data-data resource seperti
icon, bitmap dan sebagainya
|
1.
Gunakan menu File | Save All.
2.
Delphi akan menanyakan nama file .pas untuk menyimpan kode-kode program. Isi dengan MyFirstUnit.pas dan kemudian klik tombol Save.
3.Delphi akan menanyakan nama file .dpr yang digunakan untuk menyimpan
informasi tentang proyek aplikasi, isi dengan MyFirstProject.dpr dan kemudian
klik tombol Save.
3.
Memasukkan komponen ke dalam form
1.
Pindah ke Form dengan mengklik jendela Form atau menekan F12 beberapa kali
sampai anda berada di Form.
2.
Klik komponen TEdit di Component Pallete.
3.
Klik
salah satu lokasi di Form untuk meletakkan komponen.
4.
Klik komponen TRadioGroup di Component Pallete.
5.
Klik
salah satu lokasi di Form untuk meletakkan komponen.
6.
Klik tab Additional dan anda akan
memperoleh komponen-komponen yang berbeda.
Mengubah isi properti komponen di Form
Mengubah isi properti komponen di Form
1.
Klik
komponen Edit1 di Form dan kemudian tekan tombol F11. Delphi akan menampilkan Object
Inspector dengan isian properti dari Edit1.
2.
Bagian properti dari Object
Inspector dibagi menjadi dua bagian
3.
Klik bagian
isi dari properti Name dan kemudian tulis nama properti EAngka1.
5.
Mengubah isi properti tidak
selalu dilakukan langsung di Object Inspector, tergantung dari tipe dari
properti tersebut Object Inspector akan menampilkan editor properti yang
sesuai.
6.
Klik
komponen RadioGroup1 dan kemudian tekan tombol keyboard F11.
7.
Klik properti Items. Anda tidak dapat mengubah isi properti Items di Object
Inspector karena Items bertipe TStrings. Untuk mengubah isi properti Items klik
tombol .. Delphi akan menampilkan String List Editor
8.
Isi String
List Editor
9. Klik tombol OK di String List Editor dan Delphi akan menampilkan RadioGroup1
10. Geser scrollbar di Object Inspector sampai anda menemukan properti Align. Klik isi properti Align dan pilih alBottom.
9. Klik tombol OK di String List Editor dan Delphi akan menampilkan RadioGroup1
10. Geser scrollbar di Object Inspector sampai anda menemukan properti Align. Klik isi properti Align dan pilih alBottom.
11. Perhatikan sekarang lokasi RadioGroup1 berubah ke bawah.
Mengubah lokasi komponen di Form
1.
Klik
komponen Edit1 di Form.
2.
Tanpa
melepas tombol kiri mouse, geser mouse anda ke sembarang arah. Komponen akan
mengikuti arah mouse.
3.
Lepaskan
tombol kiri mouse dan komponen akan berpindah tempat ke lokasi baru.
4.
Selain
cara tersebut, anda dapat mengubah isi properti Left dan Top untuk mengubah
lokasi komponen di Form
Mengubah ukuran komponen di Form
1.
Masih menggunakan Edit1 di
Form, klik kotak hitam yang ada di pinggir Edit1 dan kemudian tanpa melepas
tombol kiri mouse, geser mouse sehingga ukuran Edit1 berubah.
2.
Selain menggunakan cara
tersebut, anda juga dapat mengubah isi properti Height dan Width untuk mengubah
ukuran komponen.
Membuat event handler
Pada latihan ini
kita akan membuat event handler untuk menangani pemilihan items pada
RadioGroup1. Setiap kali Item di RadioGroup1 dipilih maka kita akan mengisi
properti Text dari EAngka1 dengan kata ‘Nanas’, ‘Mangga’ atau ‘Jeruk’ sesuai
dengan item yang dipilih. Event yang berkaitan dengan pemilihan items di
RadioGroup1 adalah event OnClick. Item yang diklik oleh pemakai dapat dilihat
di properti RadioGroup1.ItemIndex, dengan 0 (nol) menunjukkan item pertama. Algorithma
event handler OnClick ditentukan seperti Listing 1.1.
Listing 2‑1 Algorithma event handler OnClick
Jika
RadioGroup1.ItemIndex = 0 maka
Isi EAngka1.Text dengan ‘Nanas’
tetapi Jika
RadioGroup1.ItemIndex = 0 maka
Isi EAngka1.Text dengan ‘Mangga’
Jika
RadioGroup1.ItemIndex = 0 maka
Isi EAngka1.Text dengan ‘Jeruk’
1.
Klik komponen RadioGroup1 dan
tekan F11 untuk menampilkan ObjectInspector.
2.
Klik tab Events
3.
Double click isian dari event
OnClick, Delphi akan membawa anda ke Code
Editor dan membuat sebuah prosedure seperti Listing 1.2.
Listing 2‑2. Event handler onClick yang dibuat oleh Delphi
procedure
TForm1.RadioGroup1Click(Sender: TObject);
begin
end;
4.
Isi
event handler OnClick pada Listing 1.2 menjadi seperti Listing 1.3.
Listing 2‑3. Isi event handler OnClick dari RadioGroup1
procedure
TForm1.RadioGroup1Click(Sender: TObject);
begin
if RadioGroup1.ItemIndex = 0 then
EAngka1.Text := 'Nanas'
else if RadioGroup1.ItemIndex = 1 then
EAngka1.Text := 'Mangga'
else if RadioGroup1.ItemIndex = 2 then
EAngka1.Text := 'Jeruk';
end;
5.
Jalankan
program dengan menekan tombol F9 atau mengklik tombol
6.
Klik tombol untuk menutup program.
7.
Tambahkan
komponen Button ke dalam Form1
sehingga anda memperoleh Gambar 1.25. dan atur agar properti dari tombol
tersebut seperti .
Tabel 2‑3 Properti Button1
Properti
|
Isi
|
Name
|
KeluarBtn
|
Caption
|
Keluar
|
8.
Buat event handler OnClick
untuk tombol KeluarBtn seperti pada Listing 1.4.
Listing 2‑4 Event handler OnClick dari KeluarBtn
procedure
TForm1.KeluarBtnClick(Sender: TObject);
begin
Close;
end;
9.
Jalankan
program dan setelah program berjalan, apabila anda mengklik tombol Keluar maka
program akan diakhiri. Perintah Close
adalah perintah untuk menutup form, karena program anda hanya mempunyai satu form maka perintah Close akan sekaligus mengakhir program.
MEMBUAT APLIKASI KASIR TOKO BUAH
|
Jawab :
1.
Buat aplikasi baru.
2.
Masukkan
komponen TEdit, TComboBox dan TButton
Tabel 2‑5 Properti dari komponen-komponen program
kasir
Komponen : Label1
|
|
Properti
|
Isi
|
Caption
|
Berat (kg)
|
Komponen : Edit1
|
|
Properti
|
Isi
|
Text
|
0
|
Komponen : ComboBox1
|
|
Properti
|
Isi
|
Items
|
Jeruk
Mangga
Durian
Pepaya
Anggur
Apel
|
Style
|
csDropDownList
|
Komponen : Button1
|
|
Properti
|
Isi
|
Caption
|
Hitung
|
3.
Buat
event handler OnClick dari Hitung seperti pada Listing 1.5
Listing 2‑5 Event handler OnClick dari Button1
procedure TForm1.Button1Click(Sender:
TObject);
var
berat,harga,bayar : integer;
jenis : integer;
begin
//ubah string
ke integer
berat := StrToInt(Edit1.Text);
//ambil
jenis buah yang dibeli
jenis := ComboBox1.ItemIndex;
case jenis of
0 : harga :=5000;
1 : harga :=15000;
2 : harga :=20000;
3 : harga :=3000;
4 : harga :=25000;
5 : harga :=15000;
end;
bayar:= berat * harga;
//tampilkan
di Label2
Label2.Caption :=
IntToStr(bayar);
end;
4.
Kompilasi
dan kemudian jalankan program, cobalah mengisi berat dan memlih salah satu
jenis buah.
Tampilan hasil perhitungan pembayaran dari
program Kasir yang kita buat tidak terlalu bagus, kita akan mencoba memformat
tampilan pembayaran agar muncul : "Pembayaran : Rp 100.000".
5.
Ubah
event handler OnClick dari Button1 sehingga seperti Listing 1.6
Listing 2‑6 Memformat tampilan pembayaran
procedure TForm1.Button1Click(Sender:
TObject);
var
berat,harga: integer;
bayar:real;
jenis : integer;
begin
//ubah string ke integer
berat := StrToInt(Edit1.Text);
//ambil jenis buah yang dibeli
jenis := ComboBox1.ItemIndex;
case jenis of
0 : harga :=5000;
1 : harga :=15000;
2 : harga :=20000;
3 : harga :=3000;
4 : harga :=25000;
5 : harga :=15000;
end;
bayar:= berat * harga;
//tampilkan
di Label2
Label2.Caption :=
Format('Pembayaran : %4.0m', [bayar]);
end;
6.
Hasil
program.